A. Mengenal Server Softswitch PBX
1. Pengertian Private Branch Exchange (PBX)
Private Branch Exchange (PBX) adalah penyedia layanan telepon, yang bertugas melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, sehingga setiap telepon yang ada di perusahaan dapat saling terhubung. jadi Private Branch Exchange (PBX) dapat menghubungkan setiap telepon yang ada di dalam perusahaan hanya dengan mengandalkan koneksi internet.
akan tetapi Private Branch Exchange (PBX) juga dapat terhubung dengan jaringan telepon Publik (PSTN – public switched telephone network) melalui Trunk, yaitu penguhubung jalur antara pengirim dengan penerima melalui central office).
PBX menghubungkan antara telepon perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN – public switched telephone network) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office). dengan begitu, telepon dengan sistem PBX tidak hanya berfungsi untuk kegiatan telepon, namun juga dapat mengirim fax atau modem akses internet.
2. Sejarah Singkat Private Branch Exchange (PBX)
PBX pertama kali digunakan untuk menggambarkan "sistem kunci" seperti mana switchboards dijalankan dengan tangan. PBX secara bertahap mulai menggunakan sistem otomatis bukan operator. Ini menjadi lebih umum, istilah PABX (automatic PABX) dan PMBX (manual PABX) datang untuk membedakan antara kedua sistem. EPABX (elektronik automatic PABX) juga digunakan untuk menggambarkan berbagai sistem digital.
Salah satu alasan utama untuk sistem tersebut adalah untuk mengurangi biaya panggilan internal, sejak panggilan dapat dibuat atas cabang pribadi dan tidak dikenakan biaya panggilan lokal. Sebagai sistem yang dikembangkan, fitur lainnya seperti ekstensi Panggil, penerusan panggilan dan berbagai bentuk garis berburu menjadi tersedia.
Utama berikutnya adalah pembangunan adalah dengan munculnya jaringan data dan internet. Karena banyak perusahaan sudah packet switch jaringan karena kebutuhan data transfer, itu menjadi layak untuk menggunakan saluran telepon melalui sambungan data mereka yang sudah ada dan karenanya VoIP (Voice over Internet protocol) muncul. Jauh dari sempurna, VoIP sampai hari ini masih memiliki masalah dengan luka latency dan kekuatan yang dapat memberikan hal itu bisa dioperasi.
Keuntungan utama VoIP's, bagaimanapun, adalah biaya. Ini adalah karena cara data dikenai biaya dibandingkan dengan sambungan telepon standar. Biasanya, sambungan telepon dikenai secara waktu koneksi, sehingga ada biaya terlepas dari data transfer. Koneksi packet switching, namun, cenderung untuk biaya didasarkan pada jumlah paket (atau jumlah data) dipindahkan, yang, bahkan di bawah beban tinggi, cenderung mengakibatkan biaya jauh lebih rendah.
Karena banyak sistem sekarang beroperasi melalui sambungan data, itu diakui bahwa banyak perusahaan tidak memiliki persyaratan untuk sistem PBX rumah besar, dan dengan demikian, hosted PBX muncul. Sistem PBX host adalah layanan dimana sistem telepon adalah layanan dan membutuhkan modal investasi di hardware yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Ini sangat menguntungkan bagi perusahaan kecil dalam beberapa cara; sering sistem seperti ini sangat mudah terukur. Dengan host sistem, perusahaan hanya dapat menambah atau mengurangi kontrak mereka membeli sebuah sistem yang lebih besar daripada kebutuhan mereka dan membayar jumlah besar modal atau kemudian harus memperluas sistem mereka di rumah.
Dengan demikian PBX adalah istilah dengan sejumlah makna. Karena mulai dioperasikan secara manual switchboards dan akan melalui beberapa tahapan pengembangan sistem telepon hari modern, istilah sekarang digunakan untuk menggambarkan sistem telepon yang kompleks banyak, dimana sering ada bahkan tidak ada cabang pribadi, dan tidak ada exchange.
3. Fungsi Private Branch Exchange (PBX)
Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
- Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringan telepon tidak sibuk)
- Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
- Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
- Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya. Kemampuan umum tersebut meliputi :
- Layanan otomatis panggilan
- Layanan otomatis direktori (dimana pemanggil dapat dialihkan ke karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf nama karyawan tersebut)
- Layanan otomatis nada tunggu
- Metering call atau tampilan waktu panggilan
- Memblokir panggilan
- Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
- Panggilan pick-up
- Transfer panggilan
- Panggilan tunggu
- Modifikasi kata sambutan
- Panggilan cepat
- Direct Inward Dialing (dapat melakukan panggilan Telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut telekonfersi)
- DISA - direct inward system access adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
- Follow-me merupakan rute panggilan yang masuk hingga akhirnya panggilan dijawab atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara. Sistem ini dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
- Respon interaktif suara
- Layanan musik tunggu
- surat suara
- Pesan pembuka atau sambutan (misal, selamat datang di layanan cellular operators)
B. Memahami Proses Kerja PBX
PBX merupakan sistem telepon dengan fitur komplit yang menyediakan panggilan telep[on melalui internet. dengan PBX seluruh percakapan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. teknologi PBX meliputi fitur komunikasi canggih yang sangat efisien, berkualitas baik dan sufah terintegrasi dengan sistem CRM.
1. Cara Kerja PBX
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.
2. Cara Menggunakan Sistem PBX
PBX telepon menawarkan banyak pilihan yg tidak dimiliki oleh sistem lain. Setelah ekstensi diatur,pengguna dapat menggunakan telepon untuk meneruskan panggilan, mengirim surat suara ke alamat email atau mentransfer panggilan ke ekstensi lain. Membuat panggilan ke ekstensi lainnya pada jaringan PBX dapat dilakukan dapat dilakukan hanya dengan mengangkat gagang telepon dan menghubungi perpanjangan empat digit. Pengguna juga dapat menghubungi saluran luar dengan menekan 0 atau 1 tergantung pada konfigurasi sistem. Selain melakukan panggilan ke ekstensi lain,sistem PBX juga dapat digunakan untuk mengakses pesan suara,mentransfer panggilan masuk,serta menahan panggilan masuk.
3. Cara Telepon PBX Bekerja
a. PBX set Up
Pada abad ke 20, awalnya PBX berada pada teknologi analog,namun saat ini PBX berubah menjadi sistem digital. PBX umum meliputi beberapa jalur telepon dari luar bangunan yg terakhir pada pertukaran perusahaan. PBX juga memiliki beberapa jalur internal yg mengarah ke ponsel. Dengan PBX, sebuah komputer akan mengelola panggilan,beralih dari panggilan satu ke panggilan lain sesuai dengan nomor yg dipanggil. Sebuah PBX digital tidak memerlukan operator manusia, meskipun beberapa perusahaan masih menggunakannya.
b. VOIP untuk PBX
Beberapa teknologi exchange bergantung pada teknologi VOIP (Voice Over Internet Protocol). Sistem telepon VOIP mengubah panggilan telepon ke paket data dan mengirimkannya melalui jaringan komputer. Dibandingkan dengan PBX biasa,VOIP atau IP exchange dapat mengurangi biaya karena sebuah perusahaan dapat menggunakan satu jaringan untuk panggilan telepon dan data. Contoh VOIP PBX yg dapat digunakan yaitu 3CX Phone System,Asterisk,Dialexia,Bicom System,Trixbox, dan lain sebagainya.
c.Virtual PBX
PBX virtual adalah versi kelas ekonomi dari Hosted PBX. Sistem PBX host dan virtual adalah sistem telepon PBX VOIP bisnis yg mentransmisikan panggilan melalui Internet sebagai data
PBX virtual menawarkan layanan telepon VOIP bisnis murah untuk usaha kecil. Seperti halnya sistem telepon PBX yg dihosting,PBX virtual dimiliki dan dikelola di luar situs oleh penyedia layanan VOIP. PBX virtual memungkinkan sistem telepon bisnis kecil untuk mengakses fitur tingkat perusahaan kecil,pekerja lepas,dan wirausahawan,semuanya dapat menghadirikan citra profesional untuk vendor,investor, dan pelanggan.
d.Centrex
Centrex atau centralize exchange servixes adalah produk telekomunikasi. fungsi centrex adalah sebagai alat konversi terpusat untuk kesepakatan bisnis dan juga merupakan saluran telepon alternatif. Centrex adalah layanan telepon bisnis yg menyediakan fitur komunikasi yg mudah dan efisien. Pelanggan dapat berkomunikasi langsung dengan setiap koneksi dan dengan demikian mengurangi kemacetan di kantor.Pelanggan tidak perlu membeli switch karena layanan ini berfungsi sepenuhnya dari pusat telekomunikasi.
Posting Komentar